Saturday, March 10, 2012

Sejarah Singkat The Salem Witch Trials


Salah satu perjalanan kota yang aneh dari paranoia ke pengampunan 


Pengadilan penyihir Salem di Massachusetts kolonial terjadi antara 1692 dan 1693. Lebih dari 200 orang dituduh mempraktikkan ilmu sihir – sihir Iblis - dan 20 dieksekusi. Akhirnya, koloni itu mengakui persidangan ini merupakan sebuah kesalahan dan memberikan kompensasi kepada para keluarga korban yang dihukum. Sejak itu, kisah persidangan telah menjadi identik dengan paranoia dan ketidakadilan, dan terus memperdaya imajinasi populer lebih dari 300 tahun kemudian.






Perjuangan Salem 

Beberapa abad yang lalu, banyak orang Kristen, dan orang-orang dari agama-agama lain, memiliki keyakinan yang kuat bahwa Iblis bisa memberikan orang-orang tertentu yang dikenal sebagai penyihir kekuatan untuk menyakiti orang lain dengan imbalan kesetiaan mereka. Sebuah "aroma sihir menggila" berdesir melalui Eropa dari 1300-an sampai akhir tahun 1600-an. Ratusan ribu seharusnya penyihir - kebanyakan perempuan - yang dieksekusi. Meskipun pengadilan Salem datang di saat kegilaan Eropa mereda, situasi lokal menjelaskan serangan mereka. 

Pada 1689, penguasa Inggris William dan Mary memulai perang dengan Perancis di koloni-koloni Amerika. Dikenal sebagai Perang King William's untuk koloni, membinasakan wilayah dari bagian utara New York, Nova Scotia dan Quebec, mengirim pengungsi ke daerah Essex dan, khususnya, Desa Salem di Massachusetts Bay Colony. (Desa Salem sekarang ini Danvers, Massachusetts; Kota kolonial Salem sekarang dikenal sebagi Salem.) 

Orang-orang yang mengungsi menciptakan ketegangan pada sumber daya Salem's. Ini memperburuk persaingan yang ada antara keluarga dengan ikatan kekayaan pelabuhan Salem dan mereka yang masih bergantung pada pertanian. Kontroversi juga diramu oleh Pendeta Samuel Parris, yang menjadi penduduk Desa Salem pertama yang dinobatkan sebagai menteri tahun 1689, dan tidak disukai karena cara kaku dan sifat serakahnya. Penduduk desa Puritan percaya bahwa semua pertengkaran adalah pekerjaan Iblis. 

Pada Januari 1692, putri Pendeta Parris 'Elizabeth, usia 9 tahun, dan keponakan Abigail Williams, usia 11, mulai mengalami hal-hal yang cocok dengan keyakinan penduduk. Mereka berteriak, melemparkan sesuatu, mengucapkan suara aneh dan berkerut diri menjadi posisi aneh, dan seorang dokter lokal menyalahkan supranatural sebagai penyebab. Gadis lain, Ann Putnam, usia 11 tahun, mengalami episode serupa. Pada tanggal 29 Februari di bawah tekanan hakim Jonathan Corwin dan John Hathorne, gadis-gadis menyalahkan tiga wanita untuk apa yang melanda mereka: Tituba, budak Karibia Parris '; Sarah Good, seorang pengemis tunawisma; dan Sarah Osborne, seorang wanita tua miskin. 


Pekerjaan mencemarkan nama orang lain 


Semua tiga wanita itu dibawa ke hadapan para hakim lokal dan diinterogasi selama beberapa hari, dimulai pada 1 Maret 1692. Osborne mengaku tidak bersalah, seperti yang dilakukan Good. Tapi Tituba mengaku, "Setan datang kepada saya dan menawarkan saya melayani Dia." Ia menggambarkan gambar rumit anjing hitam, kucing merah, burung kuning dan orang yang "hitam" yang ingin ia menandatangani bukunya. Dia mengakui bahwa dia menandatangani buku itu dan mengatakan, ada beberapa penyihir lainnya mencari untuk menghancurkan kaum Puritan. Semua tiga wanita itu dimasukkan ke dalam penjara. 

Dengan ditanamnya benih paranoia, aliran tuduhan mengikuti selama beberapa bulan ke depan. Tuduhan terhadap Martha Corey, anggota setia Gereja di Desa Salem, sangat memprihatinkan masyarakat, jika dia bisa menjadi penyihir, maka siapa pun bisa. Hakim bahkan mempertanyakan putri Sarah Good, berusia 4 tahun, Dorothy, dan jawaban malu-malu-nya itu ditafsirkan sebagai pengakuan. Pertanyaan menjadi lebih serius pada bulan April ketika Deputi Gubernur Thomas Danforth dan asistennya hadir dalam sidang. Puluhan orang dari Salem dan lainnya dari desa Massachusetts dibawa untuk ditanyai. 

Pada tanggal 27 Mei 1692, Gubernur William Phipps memerintahkan pembentukan Pengadilan Khusus Oyer (untuk mendengar) dan Terminer (untuk memutuskan) untuk wilayah Suffolk, Essex dan kabupaten Middlesex. Kasus pertama yang dibawa ke pengadilan khusus Bridget Bishop, seorang wanita tua dikenal karena kebiasaan menggosip dan sek bebas. Ketika ditanya apakah dia berkomitmen sihir, Bishop menjawab, "Saya tidak bersalah sebagai anak yang belum lahir." Pembelaan itu pasti tidak meyakinkan, karena ia ditemukan bersalah dan, pada tanggal 10 Juni, menjadi orang pertama yang digantung pada apa yang kemudian disebut Gallows Hill. 

Lima hari kemudian, menteri yang dihormati Cotton Mather menulis surat memohon pengadilan untuk tidak membiarkan bukti-spektral -- kesaksian tentang mimpi dan penglihatan. Permintaan Pengadilan ini diabaikan dan lima orang dihukum dan digantung pada Juli, lima orang pada bulan Agustus dan delapan pada bulan September. Pada tanggal 3 Oktober mengikuti jejak putranya, Increase Mather, kemudian presiden Harvard, mengutuk penggunaan bukti spektral: " lebih baik sepuluh yang dicurigai penyihir harus melarikan diri dari pada satu orang yang tidak bersalah dihukum."


Gubernur Phipps, sebagai tanggapan terhadap permohonan Mather dan istrinya sendiri mempertanyakan tentang sihir, melarang penangkapan lebih lanjut, membebaskan banyak tertuduh penyihir dan membubarkan Pengadilan Oyer dan Terminer pada tanggal 29 Oktober. Phipps menggantinya dengan Pengadilan Peradilan Superior, yang melarang bukti spektral dan hanya mengutuk 3 dari 56 terdakwa. Phipps akhirnya mengampuni semua orang yang di penjara atas tuduhan sihir bulan Mei 1693. Tetapi kerusakan telah terlanjur dilakukan: 19 digantung pada Gallows Hill, seorang pria 71 tahun ditekan sampai mati dengan batu-batu berat, beberapa orang meninggal di penjara dan hampir 200 orang, secara keseluruhan, telah dituduh mempraktekkan "sihir Iblis . " 


Mengembalikan Nama Baik 

Mengikuti peradilan dan eksekusi, seperti hakim Samuel Sewall, mengakui kesalahan dan rasa bersalah kepada publik. Pada tanggal 14 Januari 1697, Pengadilan Umum menentukan hari puasa dan mendoakan bagi jiwa-jiwa atas tragedi Salem. Pada 1702, pengadilan menyatakan persidangan tidak sah. Dan pada 1711, koloni itu melewati sebuah tagihan memulihkan hak dan nama baik orang yang dituduh dan diberikan £ 600 restitusi untuk pewaris mereka. Namun, baru pada tahun 1957 - lebih dari 250 tahun kemudian- bahwa Massachusetts secara resmi meminta maaf atas peristiwa 1692.

Pada abad ke-20, seniman dan ilmuwan sama-sama terus terpesona oleh pengadilan penyihir Salem. Dramawan Arthur Miller membangkitkan kembali kisah itu pada tahun 1953 dan memainkan The Crucible, menggunakan pengadilan sebagai alegori untuk paranoia McCarthyisme pada 1950-an. Selain itu, banyak hipotesis telah diutarakan untuk menjelaskan perilaku aneh yang terjadi di Salem pada 1692. Salah satu studi paling konkret, yang diterbitkan di jurnal Science pada tahun 1976 oleh psikolog Linnda Caporael, menyalahkan kebiasaan abnormal terdakwa pada jamur ergot, yang dapat ditemukan dalam gandum, rumput gandum dan sereal lainnya. Ahli toksikologi ergot mengatakan bahwa makan makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan kejang otot, muntah, delusi dan halusinasi. Selain itu, jamur yang tumbuh subur di iklim yang hangat dan lembab-tidak terlalu berbeda dengan padang rumput lebak di Desa Salem, di mana gandum sebagai bahan pokok selama musim semi dan musim panas.


Pada bulan Agustus 1992, untuk menandai peringatan ke-300 dari pengadilan tersebut, pemenang hadiah Nobel Elie Wiesel mendedikasikan Memorial Pengadilan Penyihir di Salem. Juga di Salem, Peabody Essex Museum didirikan sebagai rumah dokumen pengadilan asli, dan menjadi daya tarik kota yang paling sering dikunjungi, Salem Witch Museum, membuktikan kepada publik daya pikat atas peristiwa histeria 1692.





http://ekapatriargadani.blogspot.com

No comments:

Post a Comment