Saturday, March 10, 2012

Meitantei Conan


Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misteriusketika mengawasi sebuah pemerasan. Ia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan untuk membunuhnya. Namun, karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti anak kecil berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.


Untuk menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi Berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa. Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya, Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta. Dia bersekolah di SD Teitan dan membentukGrup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya, yaitu: Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima. Meskipun tubuhnya mengecil, ia tetap memecahkan kasus. Biasanya, ia menyelesaikan kasus-kasus tersebut dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Profesor Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak. Tetapi, kemudian ia tidak heran karena ia senang karena ketenarannya yang meningkat. Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.
Selanjutnya dalam seri ini, tokoh utama lainnya, Ai Haibara, muncul. Ai adalah seorang mantan anggota Organisasi Hitam, yang memiliki nama sandi "Sherry". Nama aslinya adalah Shiho Miyano, seorang ilmuan yang mengembangkan racun APTX 4869 yang membuat tubuh Shinichi mengecil.Setelah kakaknya secara kejam dibunuh oleh anggota Organisasi Hitam, ia mencoba keluar dari organisasi itu, namun ia ditangkap. Dia mencoba bunuh diri dengan menelan pil APTX 4869, namun ternyata tubuhnya mengecil, dan dia berhasil kabur dari organisasi tersebut. Dia kemudian bersekolah di SD Teitan dengan nama samaran "Ai Haibara" Dia mengetahui identitas asli Conan dan membantunya dalam perjuangan Conan untuk menjatuhkan Organisasi Hitam.
Kemudian, Conan terlibat dengan Biro Investigasi Federal (FBI), dan mereka berhasil menangkap Kir, seorang anggota Organisasi Hitam. Kir kemudian diketahui merupakan seorang agen CIA yang menyamar, dan berjanji akan memberi informasi tentang Organisasi Hitam kepada FBI. Mereka kemudian mengembalikan Kir ke organisasi tersebut. Kemudian, dia memberitahukan kepada FBI bahwa di Organisasi Hitam ada seorang anggota baru dengan nama sandi Bourbon.


Tokoh :
  • Ai Haibara
Shiho Miyano (宮野志保 Miyano Shiho) atau “Sherry” (シェリー) / Ai Haibara (灰原哀 Haibara Ai) – Anggota jubah hitam yang berkhianat pada organisasi tersebut setelah kakaknya,Akemi terbunuh di tangan Gin. Perempuan yang cerdas dan serius.Melalui tangannya susunan formula misterius warisan orang tuanya yang juga bekerja pada organisasi ia menciptakan berbagai macam formula untuk organisasi termasuk racun yang telah mengecilkan tubuhnya serta Shinichi Kudo.
  • Ayumi Yoshida (吉田歩美 Yoshida Ayumi)
Teman Conan sekaligus anggota geng Detektif Cilik. Menaruh hati pada Conan.
  • Genta Kojima (小嶋元太 Kojima Genta)
Dalam sosok kecil Shinichi yang berwujud Conan Edogawa mendirikan geng Detektif Cilik.Genta adalah salah satu teman Conan yang menjadi anggota kelompok detektif ini.Badannya sangat gemuk,besar,dan jago makan.Tipikal sosok penindas pada awalnya dan berbalik 180 derajat kemudian.Ia sangat suka makan, terutama nasi belut bakar.
  • Gin
Anggota Organisasi Jubah Hitam. Sangat kejam dan memiliki beberapa hal yang mencolok sebagai ciri khasnya seperti kendaraan Porche yang selalu dikendarainya.Ialah yang mengecilkan tubuhnya Conan.
  • Hiroshi Agasa (阿笠 博士) (Profesor Agasa)
Profesor yang barang-barang penemuannya membantu Shinichi sekaligus geng detektif cilik( walaupun penemuanya sedikit berguna).
  • Heiji Hattori (服部平次 Hattori Heiji)
detective dari timurRival Shinichi dari Osaka. Heiji juga merupakan sahabat baik Shinichi. Putra Henzo Hattori, inspektur Kepolisian Osaka. Mempunyai teman baik sejak kecil bernama Kazuha.sering kali membantu shinichi memecahkan kasus sebagai conan. Cowok ganteng ini mempunyai teman sejak kecil bernama Kazuha Toyama (putri dari wakil kepala inspektur Toyama). Dia juga sering di sebut sedangkan Shinichi sering kali disebut
  • Juzo Megure (目暮十三 Megure Jūzō) (Inspektur Megure)
Inspektur kepolisian Beika
  • Jody Santemillion alias Jodie Starling
bersekolah.Seorang anggota FBI yang datang ke Jepang untuk menangkap Chris Winyard yang telah membunuh ayahnya sewaktu kecil. Menyamar sebagai guru bahasa inggris di sekolah tempat
  • Kid si Pencuri alias Kaito Kid
Kid adalah seorang pencuri yang jenius dalam penyamaran dan mengincar batu berharga, dia sering bertemu dengan Conan dalam kasus-kasus tertentu. Sebenarnya motif ia mencuri bukan untuk kepentingan hidupnya, tapi untuk mencari informasi mengenai Organisasi Jubah Hitam (Kemungkinan besar organisasi yang sama dengan organisasi yang ada di dalam kisah Detektif Conan) yang dicurigai sebagai pembunuh ayahnya. Dia selalu dikejar-kejar polisi namun selalu lolos. Detektif dan polisi selalu dibuat pusing oleh tingkahnya, Dalam aksinya Kid biasanya memberi surat tantangan kepada pihak polisi sehingga berita kemunculannya selalu mengundang kehebohan.

Kid sebenarnya adalah anak SMU biasa yang punya kejeniusan dalam sulap dan ilmu menyamar, semua itu ia dapat dari ayahnya yang seorang pesulap terkenal. Kemampuannya menirukan wajah, suara, dan tingkah laku membuat penyamarannya selalu berhasil, namun Conan kadang bisa merasakan keberadaannya dan selalu memburunya kemana-mana. Tapi, sebenarnya dia sering membantu Conan dalam menyelesaikan kasus tertentu. Kelemahan daripada Kid adalah dia memiliki phobia (rasa takut) terhadap Ikan
Lebih lanjut, Kaito Kid memiliki buku komik tersendiri yang sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dengan judul “Magic Kaito”.
  • Kogorou Mouri
Ayah dari Ran Mouri, seorang detektif swasta yang sangat terkenal karena sering memecahkan kasus, biarpun aslinya orang lain yang memecahkan untuknya. Walaupun sebagai om-om mesum, Kogorou ahli dalam Judo seperti Istrinya yang juga pengacara. Kogoro telah berpisah dengan istrinya dan hidup berdua dengan anak perempuannya, Ran Mouri.
  • Mitsuhiko Tsuburaya (円谷光彦 Tsuburaya Mitsuhiko)
Anggota Detektif Cilik. Teman Conan Edogawa yang pintar.
  • Ran Mouri
Ran Mouri adalah teman Shinichi Kudo sejak kecil, atau mungkin bisa juga disebut pacar. Walaupun Ran dan Shinichi tidak pernah berani mengungkapkan perasaannya. Ran bisa disebut juga sebagai gadis yang sabar walau harus menunggu Shinichi begitu lamanya. Ran adalah anak dari seorang detektif yang selalu membuat analisis asal-asalan, Kogorou Mouri, dan seorang pengacara handal, Eri Kisaki. Namun sayangnya, Ran tidak bisa hidup sebahagia anak lainnya, karena Kogorou Mouri dan Eri Kisaki pisah rumah. Dan sekarang Ran hidup bersama Kogorou Mouri. Ran memiliki sahabat, Sonoko Suzuki yang merupakan anak dari direktur perusahaan Suzuki. Ran sangat ahli dalam karate, namun Ran sangat takut terhadap hantu, hewan-hewan tertentu, misalnya ular. Ran juga adalah seorang yang mudah menangis. Dalam versi AS, Ran bernama Rachel Moore.
  • Sato Miwako
. Ayahnya seorang polisi yang tewas tertabrak truk ketika sedang menangkap seorang penjahat perampok bank.. Dalam beberapa cerita digambarkan hubungan romantis nya dengan Polisi wanita yang sering berpartner dengan
  • Sonoko Suzuki (鈴木園子 Suzuki Sonoko)
Putri kolongmerat Suzuki yang juga merupakan sahabat terbaik Ran. Sonoko sangat centil dan suka berlibur untuk mencari cowok.
  • Shinichi Kudo (工藤 新一 Kudō Shin’ichi)
(江戸川コナン)Tokoh utama yang menyamar dengan nama
.. Kecintaannya terhadap novel dan buku-buku misteri terutama Sherlock Holmes, membuatnya menjadi seorang Detektif ramaja nomor satu di Jepang.Sikapnya yang dingin, namun sangat pemberani. Tak heran ia banyak memiliki fans, termasuk Terumi Hoshino, artis teman Yoko Okino. Shinichi sangat menyukai Dalam versi AS, nama Shinichi adalah
  • Shuichi Akai
Anggota FBI berdarah Jepang, jago menembak dengan berbagai senjata, terutama Shotgun. Memiliki hubungan masa lalu dengan Shiho Miyano.
  • Takagi Wataru
.Seorang polisi yang menjadi partner
  • Dr. Tomoaki Araide
menyamar sebagai dokter Araide., kasus pembunuhan di pentas teater sekolah, dll. Dan kemudian terungkap, dalam beberapa kasus tersebut ternyata dan Seorang dokter yang awalnya terkait dalam pembunuhan ayahnya yang juga seorang dokter yang dilakukan oleh ibu tirinya. Namun dalam perjalanan cerita, tokoh ini sering muncul diberbagai kasus. Antara lain : kasus pembajakan bus, cerita
  • Vodka
Rekan Gin. Kerap diperlihatkan menjalankan aksinya bersama-sama Gin.
  • Vermouth
kan sebagai ibunya sendiri dengan meminum formula misterius organisasi yang dapat memudakan usianya kembali. Di Jepang menyamar sebagai Dr. Araide.. Seorang aktris besar yang bakat aktingnya luar biasa dan pandai menyamar. Sangat cantik dan cerdas.Kemungkinan besar merupakan sosok yang sama dengan Sharon Veinyard,yang di alias Nama aslinya
  • Yusaku Kudo (工藤優作 Kudō Yusaku)
, ia menciptakan satu cerita pada game yang dibuat bersama profesor Agasha, yaitu tentang Peristiwa London 100 tahun yang lalu. Dalam cerita tersebut, ia memunculkan tokoh favoritnya, Sherlock Holmes dan seseorang yang dijuluki sebagai musuh besar holmes sekaligus seseorang yang menyuruh Jack The Ripper untuk mengubah London menjadi kota yang mencengkam (dalam novel Sherlock Holmes).Ayah Shinichi yang memiliki kemampuan analisis yang cerdas dan pembuat novel misteri best seller. Dalam salah satu film Detective Conan,
  • Yukiko Kudo (工藤有希子 Kudō Yukiko)
. Centil, dengan menceritakan jawaban kasus yang telah dipecahkan oleh suaminya lalu mempublikasikannya dan suka menantang bahaya istrinya Yusaku Kudo.Ibu Shinichi. Sangat cantik dan pintar akting. Dia sangat suka diperhatikan orang




No comments:

Post a Comment